RSS

Tasyakuran 4bulan Kehamilan


waaaa.. tau tau udah 4bulan aja yaaa..
udah masuk trimester ke-2 nih!
si dedek makin berkembang.. mamanya makin cepet laper, makin banyak makan.. perut makin membuncit.. pastinya makin keliatan kayak lagi hamil..!! *kemaren2 diprotes mulu sih.. (ノ´д`)

menurut ajaran Islam, masa 4bulanan kehamilan itu saatnya roh ditiupkan ke janin, dan ditetapkan rezekinya, ajalnya, amalnya, sengsara atau bahagia..
*hahaha gapapa doong sekali2 blognya tampak muslimah gini


“Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan kejadiannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nuthfah. Kemudian menjadi segumpal darah selama itu juga (40 hari). Kemudian menjadi gumpalan seperti sekerat daging selama itu pula (40 hari). Kemudian diutus kepadanya seorang Malaikat maka ia meniupkan ruh kepadanya dan ditetapkan empat perkara, ditentukan rezkinya, ajalnya, amalnya, sengsara atau bahagia."
-HR. Bukhori-Muslim-

dan terutama di jawa, maka diadakan acara syukuran atau tasyakuran untuk menyambut kehamilan 4bulan atau 120 hari ini.. Ya tapi memang acara tasyakuran 4bulan kehamilan ini nggak se populer acara tasyakuran 7bulan kehamilan (mitoni). Kalo mitoni itu ada tata cara adat khususnya. Kalo 4bulan biasanya ya lebih ke Tasyakuran aja, pengajian gitu,,

nah, si tasyakuran 4bulan ini, ada beberapa ayat2 Al-Qur'an yang biasanya dibaca oleh keluarga atau ibu2 pengajian ( iya, karena acara kehamilan jadi biasanya ya yg ngaji ibu2 juga.. )
diantaranya ya qt baca Asmaul-Husna atau nama-nama Allah, untuk mengagungkan Allah dong ya, namanya juga tasyakuran. trus surat Al Fatihah, trus ada surat Yusuf dan surat Maryam juga,
katanya sih, kalo pengen anaknya nanti cowok, bacanya surat Yusuf ini, ya biar anaknya nanti InsyaAllah se tampan Nabi Yusuf yang memang terkenal paling ganteng gitu deeh... ihihii
*surat Yusuf bia kamu lihat di sini:  Surat Yusuf
tapi kalo pengen anaknya cewek, yg dibaca surat Maryam. *SuratMaryam
selain surat2 itu, ada juga surat Muhammad dan surat Luqman. dan doa2 untuk ibu hamil. yang pastinya memohon kesehatan dan keselamatan untuk ibu dan janin yg dikandungnya.

doanya ada macam2 sih ya, contohnya kayak yg ini:

"Bismillahhirrahmaanir rahiim, Alhamdu lillaahi rabbil’aalamiin, Allaahumma shalli alaa sayyidinaa Muhammad, Thibbil quluubi wadawaaihaa, Wa’aafiyatil abdaani wa syifaa ihaa, Wanuuril abshaari wa dhiyaa ihaa, Waquutil arwaahi wagidzaa ihaa, Wa’alaa aalihi washahbihi wabaarik wa sallim, Allaahummahfazh waladaha maa daama fii bathnihaa, Washfihii ma’a ummihi antasysyaafii laa syifaaa illaa syifaa uka syifaa an laa yugoodiru saqoman, Allaahumma shawwirhu fii bathnihaa shuurotanhasanatan , Watsabbit qolbahu iimaanan bika wabiraa suulika , Allaahumma akhrijhu min bathni ummihi waqta walaada tihaa sahlan wasaliiman, Allaahummaj ‘alhu shahiihan kaamilan wa’aaqilan haa dziqan wa’aaliman’aamilan, Allaahumma thawwil umrahu washahhih jasadahu wahassin khuluqohu wafashshih lisaa nahu , Wa ahsin shautahu li qiraa atil hadiitsi wal qur’aan, Wawasi’rijqahu , Wajalhu insaanan kaamilan saaliman fiddunya wal aakhirah , Bibirakati sayyidinaa Muhammaddin shallallaahu’alaihi wasallam wal hamdu lillahi rabbil’aalamiina Aaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin"
Artinya :
Dengan menyebut nama Allah yg Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alamYa Allah tambahkanlah kesejahteraan kepada penghulu kami Nabi Muhammad SAWSebagai pengobat dan penawar hatikuPenyehat dan penyegar badankuSebagai sinar dan cahaya pandangan mataSebagai penguat dan santapan rohaniDan kepada keluarganya dan para sahabatnya berikanlah keberkahan dan keselamatanYa Allah semoga Engkau lindungi bayi ini selama ada dalam kandungan ibunyaDan semoga Engkau memberikan kepada bayi dan ibunya Allah yang memberi kesehatan. Tidak ada kesehatan selain kesehatan Allah, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lainYa Allah semoga Engkau ciptakan bayi ini dalam kandungan ibunya dgn rupa yg bagusDan semoga Engkau tanamkan hatinya bayi ini iman kepadaMu ya Allah dan kepada Rosul MuYa Allah semoga Engkau mengeluarkan bayi ini dari dalam kandungan ibunya pada waktu yg tlah ditetapkan dlm keadaan yg sehat dan selamatYa Allah semoga Engkau jadikan bayi ini sehat, sempurna, berakal cerdas dan mengerti dalam urusan agamaYa Allah semoga Engkau memberikan kepada bayi ini umur yang panjang, sehat jasmani dan rohani, bagus budi perangainya, fasih lisannyaSerta bagus suaranya untuk membaca dan Al QuranDan tinggikanlah derajatnyaDan luaskanlah rizkinyaDan jadikanlah bagi manusia yg sempuran selamat di dunia dan akhirat. Dengan berkahnya Nabi besar Muhammad SAW dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alamAaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin Kabulkanlah doa kami, kabulkanlaah doa kami kabulkanlah doa kami, ya Allah seru sekalian alam.

deuuuuh.. banyak banget ya yg harus dibaca..
tapi gak harus pasti kayak gitu juga sih, aq kan cerita tentang umumnya, biasanya..
untuk tasyakuran kami kemaren cukup sederhana aja koq..

tadinya, kan aq sama Riqi pengen dedeknya cowok, tapiii mama pengen cucu cewek..
jadi pengennya baca surat Yusuf dan Maryam.. hahahahah
tapiii..... ujung2nya cuma surat Yusuf yg dibacain karena udah serak semua suaranya.. hahahaahaha
*tadinya sih aq dah bilang mama kalo surat Yusuf dan Maryam itu panjang2 banget, gak kasian ntar ibu2nya??
berarti ntar si dedek cowok dooong?? haha.. amiiiiiiin... amiiiiinnnn...
ga masalah sih cowok atau cewek yg penting sehat aja ya nak!!

oiya, rencana sih, cuma mau mengundang temen senam mama sekitar 7 orang aja untuk ngaji bareng.
*loh koq temen senaaam? hehe.. ya temen senam bukan berarti ga bisa ngaji dong yaaa.. jangan salaaah
acaranya juga cuma ngaji aja trus makan2, pulang, simpel.

tapi.. hehehe.. ya namanya juga rencana yaaa.. apalagi genk ibu2..
yg rencana tadinya cuma 7orang, tau2 yg dateng banyak bangeeet.. mungkin sekitar hampir 30an.. weh..
untungnya mama emang udah nyiapin makanan rada banyak, karena ya takut kalo genk nya yg heboh itu pada dateng semua,, dan ternyata iya,,
eh eh ada cerita konyol banget etntang temen genk mama ini,
as i'd tell you, di klub senam mama itu ada 2genk yg ceritanya musuhan (ala-ala abegeh gitu deh!!)
jadi kalo ketemu tuh suka sirik2an gituu.. tapi mama kan ga mungkin juga cuma ngundang salah satu genk, karena si mama juga ga peduli.. yg penting sih semua temen jadi semua diundang..
nah, karena yg dateng duluan genk A (sebut aja gitu), pas udah mulai acara, tiba ketua genk B dateng, eeeeh.. begitu liat ketua genk A udah duduk manis disitu duluan, eeeh si ketua genk B trus pulang. ngambek! hahahahaha.. apasiiiiih....??? pentiiing.....??
udah lah yaaa.. abaikan aja..

goodybag nya juga untungnya sih disiapin 75buah ya,. buat tamu undangan dan dianter2 ke tetangga & sodara,. isinya nasi kuning beserta lauk, snack, buku doa, dan souvenir dompet batik.. *dompet batiknya sisa souvenir ijab aq dulu sih, masih banyak banget, gara2 lupa dikasih2in.. hehe

ribut? ya pasti doong.. dan keributan itu sudah dimulai bbrp hari sebelumnya.,
mama, pengen bikin nasi kuningnya sendiri aja. soalnya, kalo pesen, ya bisa sih, cuma biasanya kalo pesen mahal dan porsinya kecil gitu, ga mau lah si mama.. jadinya ya ribet masak sendiri..
sederhana aja sih, nasi kuning, ayam goreng 1/4 ekor, perkedel kentang, kering tempe, telor dadar iris, timun, dan kerupuk udang,.
sementara snack goodyback qt pesen aja di Roti Kecil, isi 3biji. Ada cake coklat-almod, Tahu isi daging, dan Kue Ku mini. tapiii... tetep ditambah lagi emping goreng bikinan sendiri.. *mama emang hobby rempong ya!!

buat yg dimakan di rumah, selepas ngaji, lebih rempong lagi..
emang sih, pesen Capjay dan Bihun goreng di Mirasa, tapii mama masih masak sendiri lagi, swike ayam, ayam goreng, dan bakso,. ckckck
belom lagi camilannya,. tahu bakso, semangka, trus makanan2 jadul kayak kacang rebus, pisang rebus, kentang item rebus, ketela rebus, dan apa tuh satunya aq lupa, gembili rebus kalo gak salah. yg kayak ubi tapi berserat gitu deh! 
*cemilan koq karbo semua??? hahhaha
ohiyaa.. masih dapet Macaroni Scotell hasil masakan mama mamik yg ikut dateng sekeluarga hari itu.
haduuuuuh.. buanyak beneeeer deh yaaa makanannyaaa..
emang ibu2 pengajian makannya sebanyak ituuu??

hew hew hew..
namanya juga ibu2.. makan sambil rumpi2 ribut,, trus ujung2nya bawa rantangan semua...
oh mai gosh... buat anak-cucu dirumah katanya.. yah.. sudahlah ya.. daripada mubazir juga kalo gak habis kan??

anyway., setelah semua keributan hari itu, badan rasanya kayak habis ngapain tau..
iya laaah.. udah si mama aq tercinta itu bawel, apaaa aja dek.. dek.. dek ayuu.. tolong ini-in itu-in bla bla bla.. mungkin mama lupa kalo anaknya ini ceritanya lagi hamil yak?? dibikin wira wiri kesana sini rempong..
ya tapi kalo bukan aq siapa lagi siih?? hahaha
*lagian udah biasa juga kan yak kayak gitu? terutama kalo ada acara kayak gini di rumah

akhir kata.. *halah
syukur Alhamdulillah acara tasyakuran 4bulanan hari Sabtu kemaren berjalan lancar.
terimakasih buat ibu2 yg udah ikut ngajiin dedek yaaa..
makasih juga buat semua semua sodara dan keluarga Riqi yg dateng..
oh.. buat ibu2 tetangga yg ikut bantu2 mama masak jugaaa..
pokoknya semuanya.. terimakasiih..
semoga dedek sehat2 yaaaa...

amiiiin...


**saking ribetnya, ga sempet deh poto2 pas acara.. bawa henpon aja kagak.. tapi ada kamera sih, Aga yg ditugaskan fotoin acara sore itu, ya kita lihat aja ntar yaaa hasil potonyaaa..
dan beberapa foto hasil jepretan bb sebelom semua keributan itu dimulai.. hahaha

buku doa tasyakuran

some of the snack *teh sama macaaroni scotelnya masi di dapur
some of the food *eh swike sama bakso belom ada yak?
bumil ala muslimah yg ga mau gerah (^^)
papa mama si dedek (^^)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Buku tasyakurannya bikin dmn sich klo blh tau?

Unknown mengatakan...

BUKU TASYAKURANNYA PESAN DIMANA KALAU BOLEH TAU

Unknown mengatakan...

boleh minta pdf format buku tasyakurannya? terima kasih

Posting Komentar

Recent Posts

Recent comments