RSS

Mari Belajar: Baby Diapers!!

Para Bumil.. Mari belajaaaaaar...! (≧∇≦)/
hahahahaa.. sok-sok-an deh yaaa aq ini...
Lagian mau belajar apa sih? hihiii..

Jadi, di  usia kehamilan 19 minggu ++ ini, aq udah heboh pengen belanja keperluan baby.. haha
*lebay yaa,, maklum.. baru hamil pertama kali.. suka heboh sendiri gitu deeeh..
Biasanya kan bumil2 tuh belanja keperluan baby after 7month.. idealnya sih emang gitu ya, sekitar 1-2bulan sebelum perkiraan kelahiran, baru deeh berburu perlengkapan baby..
Bahkan berdasar beberapa mitos yg beredar, terutama di Jawa, beli perlengkapan baby itu ya harusnya setelah mitoni ( syukuran 7bulanan ) , pamali kalo beli nya sebelum 7bulan!

Alasan dibalik "harus setelah 7bulan" itu sebenernya sih cukup masuk di akal, gini, takutnya, kalo ternyata sebelum kehamilan 7 bulan, terjadi hal-hal buruk yg tidak diinginkan ke dedek baby, misalnya keguguran (Naudzubillah Min Dzalik! *amit amiiit.. *elus-elus perut..) kan sayang kalo udah beli macem2 gituu.. Dan pastinya mamanya bakal sedih banget kan kalo ntar liat barang2 baby lucu2 yg gak jadi dipake sama dedek baby nya.. *duh.. tiba2 jadi mellow.. Ya Allah, lindungi kami yaaaa.. p(´⌒`q)

Kalo menurut aq pribadi siih, mikirnya pasti yg positif lah yaa.. Dedek dan mama nya sehat2 terus dan melalui proses melahirkan yg mudah, cepat, sehat,. *amiiiiin....
Dan emang dasar udah pengen beli yg lucu2, sama nyicil, karena bakal banyak banget yg harus dibeli ( udah bikin daftarnya yg panjaaaang banget, ntar lain kali aq posting deh!! ) daaaan bakal butuh dana besaaar.. kalo dicicil kan lumayan gak kerasa berat.. Juga mumpung mama nya masih kuat jalan2..
Kan kalo udah 7bulan otomatis tambah berat nih dedeknya, tambah gampang capek kalo jalan lama2.. ntar milih2 nya gak bisa maksimal doong.. ya kan?
*alibi...alibi...bilang aja emang udah gak sabaran... (≧◡≦)

heh.. kebiasaan.. jadi cerita kemana-mana.. katanya belajar??

hemm.. oke2..Seperti yg udah berulang kali aq bilang tadi, perlengkapan baby itu macem macem banget..!!
Apalagi kalo First time yaa.. belom ada lungsuran dari anak sebelumnya..
Nah, salah satu yg menarik perhatian ku ( dan yang bikin rada bingung ) adalah urusan baby diapers alias popok bayi..!!
Popok bayi ini so pasti crutial banget kan yaaaa.. buat baby.. barang wajib! ga mungkin ga punya! ga mungkin ga beli! (˚☐˚!!)
Masalahnya,, aq gak ngertiii... ntar mo pake diapers yg kayak apaaa.. Popok kain yg segiempat dan bertali itu.. atau popok disposible yg sekali pake itu? hemmm..

Karena gak begitu ngerti itu, makanya aq search dan "belajar" sedikit tentang macam2 baby diapers..
Biar makin ngerti, aq coba share deh di sini, kan kalo di share otomatis qt bakal lebih ngerti juga kan.. hehe


*ehem..ehem..!!
Macam macam Baby Diapers:
  • Popok Kain 
Popok kain jadul kalo aq bilang sih, dulu taunya popok ya popok kain ini kan.. Popok kain ini jelas jenis popok yang paling irit! karena harganya murah dan bisa dicuci, bisa dipakai lagi. Popok ini juga termasuk jenis popok yg paling higienis, dan kecil resiko membuat ruam popok di pantat baby. Asal cara pakai nya juga bener! Popok kain ini kan, tiap sekali nya baby pipis/pup ya langsung ganti, jadi otomatis kulit baby lebih bersih. Tapi, termasuk popok yang paling rempong,, karena sekali baby pipis/pup harus langsung ganti, dan bakal bikin banyak cucian menumpuk!!! Dan karena cuma berbahan kain tipis, jadi pasti bakal bocor, repotnya kalo pas lagi digendong trus pipis yaaaa.. ikut pesing deeh yg gendoong..

Popok Kain
  • Popok Sekali Pakai ( Disposible Diapers )
Popok paling praktis karena sekali pakai trus dibuang,. gak perlu rempong dicuci2.. gak ada cucian menumpuk! Sering disebut pampers, padahal itu nama merk ya, tapi oke lah biar gampang juga disebutnya. Memang ini jenis popok yg paling praktis, bisa menampung beberapa kali pipis baby. Tapi ada kurangnya juga, biasanya anak yg kelamaan pakai pampers ini cenderung lebih susah untuk toilet training, karena dia gak merasa basah, jadi ya nyaman2 aja, gak terlalu sensitif dengan sensasi mau pipis dan basah. Dan popok ini memang yg paling sering bikin ruam di pantat baby, tapi, juga tergantung cara pakainyaa.. Biarpun gak basah gak bocor, tapi tetep harus diganti tiap 3jam, karena permukaan pampers yg nempel ke pantat baby ini pastinya lembab, bisa memanggil banyak kuman2 dan jamur kalo kelamaan gaak diganti.. euww..
Harganya siiih murah2 aja, tapi, karena sekali pakai doang, dan dalam sehari idealnya qt ganti pempers 6-8x, ya dihitung aja lah yaa kira2 sampai usia anak 2th habisnya berapa deh tuh!! haha 

pampers
  • Cloth Diapers
Nah.. ini nih.. yang aq juga baru tau,. pernah denger2 sih, tapi karena dulu belom mau punya baby ya jadi gak begitu perhatian.. Jadi, Cloth Diapers atau bahasa kerennya "Clodi" ini adalah Popok Kain Modern. hahahaa.. apa itu.. Modern di sini karena bentuknya gak lagi segiempat standart kayak popok kain biasa, hampir mirip pampers tapi bisa dicuci dan dipakai lagi nantinya. waaaaah.. sound interesting, right?
Model dan bahan Clodi ini juga macem2 dan lucu2 banget.. Tapi memang harga nya agak mahal yaaa.. 1 set clodi berkisar antara 70rb - 300rb tergantung bahan dan merk, lokal atau impor,.
waaaww.. padahal untuk higienitas, setidaknya setelah 3jam qt harus mengganti popok, termasuk clodi ini, jadi dalam sehari qt butuh sekitar 6-8 clodi.. *wow..mahal dong yaa!
Tapinya lagii.. ini clodi bisa dicuci dan dipakai lagi, jadi kalo dihitung2 memang bisa lebih hemat daripada pakai pampers! Dan lebih ramah lingkungan, karena mengurangi limbah pampers yg sulit diurai oleh bumi.. *go green!!
Bagian-bagian Clodi

Bahan-bahan pelapis Clodi:
1. Penutup/Cover/Outer : Cover clodi, yg keliatan dari luar, biasanya bahannya tahan air, misalnya dari polyester, wol, katun, PUL.
2. Penyerap Cairan/Insert : Bahan penyerap cairan bak atau pup baby. Bahannya dari microfiber, bamboo, flanel.
3. Bagian dalam/Inner : Bahan yg bersentuhan langsung dg kulit/ pantat baby. Bahannya dari suede, microfleece.
4. Pin/Velcro/Snap : pengikat/pengait di bagian luar untuk mengunci clodi dan menyesuikan ukuran baby.

Ada clodi yg all-in-one, jadi outer-insert-inner udah dijahit jadi satu, nyuci nya juga lebih gampang, tapi karena tebel ya bakal lebih lama keringnya kalo dijemur. Ada juga yg lepasan, insert bisa dilepas dan dipasang ulang dengan perekat/kancing, jadi nyuci nya dipisah,.

contoh2 Cloth Diapers

Tuh.. lucu2 kaaan yaaa.. clodi nyaaaa.. duuuuh.. bisa sekalian jadi celana kan.. hahaha
Biarpun baby ngompol, gak harus langsung ganti kayak kalo pake popok kain biasa itu, bisa menampung 3-4x pipis baby karena diserap oleh insert-nya, asal cara pakainya bener ya, gak melorot/miring.. Tapi kalo pup ya langsung ganti dooong... bauuuk..!! Dan tetep harus ganti tiap 3jam sekali demi higienitas dan mengurangi resiko ruam popok karena kulit baby yg terlalu lembab..
Clodi ini biasanya universal size, jadi bisa dipakai sejak lahir sampai sekitar 2tahun. Tapi ada juga yg size khusus newborn untuk baby yg kecil..

nah... udah deeeh belajarnyaaaa.. hehehehe
Semoga sih cukup membantu ya, buat bumil2 yg lagi bingung tentang popok baby.. seperti aq ini.. hahaha
cao!! happy shopping!!


0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Recent comments