RSS

Melahirkan tanpa rasa sakit dgn hypnobirthing??

helloooo....
sebenernya udah sejak awal hamil aq tertarik sama yg namanya hypnobirthing.. 
tapi trus aq lupaaaaaa...!!! *dudul banget* 
pas udah hari2 terakhir alias udah deket2 HPL baruuu aq inget kalo belom sempet belajar hypnobirthing!!
ah.. agak nyesel yaaaak..!!
tapi lebih baik terlambat (banget) daripada tidak sama sekali kan?? *ngeles*

ya moga2 posting kali ini bisa bantu bumil2 di awal kehamilannya yg pas kebetulan baca deh!! hehe

so? apa itu hypnobirthing??
gampangnya, hypnobirthing itu adalah menggunakan hipnotis pada persalinan.
hah? maksudnya?
hehe.. 

aq cariin kutipan2 aja yaaah.. si dedek lagi rewel di perut nih, lg gak mendukung buat konsen!! hehe


Apakah sebenarnya HypnoBirthing?
HypnoBirthing merupakan suatu metode baru yang dikhususkan untuk wanita hamil dengan melakukan relaksasi mendalam, bertujuan untuk mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar,nyaman dengan rasa sakit yang minimum.

Mengapa saya harus melatih HypnoBirthing?
Melalui hypnobirthing, wanita hamil bisa mengkondisikan tubuh dan jiwa/pikiran secara harmonis selama kehamilan hingga mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan. Dengan demikian, tercipta rasa tenang dan rasa yakin bahwa tubuhnya akan mampu berfungsi secara alami dalam proses tersebut. Sebab setelah belajar memasuki kondisi relaksasi yang dalam, wanita hamil akan mampu menetralisir rekaman negatif yang ada di alam/jiwa bawah sadarnya serta menggantinya dengan memasukkan program positif/reprogamming.

Bukan itu saja, dalam latihan hypnobirthing ini wanita hamil juga akan terlatih untuk lebih peka terhadap janinnya, sehingga akan mampu berkomunikasi dengan janin, bahkan bekerjasama ketika menjalani proses persalinan. Karena sesungguhnya janin atau bayi di dalam kandungan juga memiliki body, mind dan spirit. Meski body/tubuhnya masih kecil, mind/jiwa baru punya unsur perasaan, janin sudah memiliki spirit/roh. Dan, justru karena pada bayi baru memiliki unsur jiwa perasaan, dengan rajin melakukan relaksasi, ibu akan lebih mudah berkomunikasi dengan “Spirit baby-nya“.

Apakah benar saya dapat melahirkan tanpa sakit?
Benar. Rasa sakit akan muncul saat kontraksi persalinan. Jika ibu panik dan takut, otot akan menegang dan rasa sakit akan semakin parah. Rileks-nya otot rahim akan sangat mempengaruhi rasa sakit yang terjadi, terlebih pada tahap pembukaan akhir. Jika ibu berhasil melatih otot untuk tetap rileks, pikiran untuk tetap tenang, maka rasa sakit kontraksi akan sangat minim, bahkan tidak terasa. Keberhasilan mengontrol ini terprogram pada alam bawah sadar ibu, karena itu keberhasilan usaha menghilangkan rasa sakit akan berbeda pada setiap ibu.


Nah itu tadi beberapa kutipan tentang hypnobirthing, intinya, bagaimana memberikan sugesti positif ke ibu hamil agar kehamilan hingga persalinannya lancar, kekuatan sugesti itu sangat sangat hebat loh moms.. 
Sebenernya, hypnobirthing ini dilakukan sejak awal kehamilan, jadi bumil akan terbiasa untuk melakukannya, lebih rileks deh.. *makanya aq udah telat banget iniiii klo baru mau mulai.. haha

Tapi, sekali lagi, lebih baik telat (banget) daripada tidak sama sekali kan?? haha

Pelatihan hypnobirthing ini udah banyak banget yg ngadain, biasanya dilatih dan dibimbing oleh tenaga kesehatan atau mereka2 yg memang sudah profesional.. Tapi, bukan berarti qt sendiri gak bisa melakukannya koq! Asal qt mau, qt juga bisa melakukannya sendiri di rumah.. Yang penting, sugestikan diri kalo qt pasti bisa melakukannya!! okeeeeh...!!!

Nih moms aq cariin cara2 mudah melakukan self-hypnobirthing, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja koq! dirumah juga bisaaaa... *sayarat dan ketentuan berlaku* hahaha


Latih relaksasi
Yup
, dasar dari hypnobirthing adalah relaksasi dengan tujuan mengistirahatkan jiwa dan raga. Tentu saja dibutuhkan ketenangan saat melakukan proses relaksasi. Apa saja?
  • Ciptakan suasana ruangan yang tenang tanpa gangguan dari televisi, radio, dan sebagainya.
  • Usahakan kondisi tubuh nyaman, tidak lapar, tidak terlalu kenyang, dan suhu badan normal serta gunakan pakaian yang tidak ketat (longgar).
  • Dengarkan alunan musik yang menenangkan, jika diperlukan.
  • Jika suka, gunakan wewangian aromaterapi yang bisa mendukung proses relaksasi.
  • Duduklah atau berbaring santai di atas tempat duduk atau tempat berbaring yang nyaman. Bisa juga gunakan matras atau karpet yang lembut.
  • Mulailah untuk merelaksasikan otot, nafas dan pikiran. Kendorkan otot-otot tubuh yang tegang, tarik dan hembuskan napas secara perlahan, pejamkan mata, dan tenangkan pikiran.
Ciptakan afirmasi positif
Setelah
Moms rileks, cobalah untuk mengucapkan niat atau sugesti positif ke dalam batin yang nantinya akan terekam ke dalam pikiran bawah sadar Moms. Di bawah ini contoh beberapa kalimat afirmasi dalam proses relaksasi.
Jika Moms memiliki kalimat afirmasi lain yang lebih cocok, jangan ragu untuk menggunakannya. Beberapa afirmasi positif yang bisa digunakan antara lain:
  • “Aku berniat melakukan relaksasi demi ketenangan jiwa”
  • “Aku merasa tenang dan damai”
  • “Aku menjalani masa kehamilan yang tenang dan menyenangkan”
  • “Tubuh dan janinku semakin sehat”
  • “Aku bahagia meyambut kehadiran bayi”
Afirmasi positif tersebut akan membantu memasuki kondisi tenang dari hipnosis. Moms bisa juga menggunakan visualisasi pikiran seperti membayangkan tenangnya gemericik air, kicau burung, hamparan taman bunga yang bermekaran, dan sebagainya hingga Moms mencapai relaksasi.

Selama melakukan hypnobirthing

  • Buang jauh-jauh rasa takut yang hanya akan membangkitkan ketegangan.
  • Jangan lakukan relaksasi saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, seperti mengendarai kendaraan.
  • Disarankan menggunakan aromaterapi dengan aroma lavender.
  • Lakukan latihan relaksasi secara rutin dan bertahap setiap malam menjelang tidur. Atau, kapan saja saat Anda ingin, sesering mungkin.
  • Ajaklah suami untuk ikut menemani bila Anda pergi ke terapis. 
duuuuu.. dedek udah rewel banget iniiii.. kayaknya udahan dulu deh ya moooms...!!
mau relaksasi sambil self-hypnobirthing dulu nih!! hahahaha

selamat mencoba juga untuk para bumil yaaaak!!

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Recent comments